ilustrasi genteng metal pasir yang aman dan tidak mudah bocor

Inilah 3 Cara Ampuh Memperbaiki Genteng Metal Yang Bocor

Genteng metal adalah salah satu bagian terpenting yang digunakan sebagai penutup atap rumah. Genteng metal pasir saat ini merupakan jenis genteng yang disenangi masyarakat. Fungsinya bisa melindungi pemilik rumah dari teriknya matahari dan dinginnya hujan. 

Sejak awal pemasangan, ukuran genteng metal pasir perlu dipertimbangkan dengan akurat, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Namun, bagaimana jadinya bila penutup atap rumah malah berlubang? Tentu akan mengganggu kegiatan pemilik sehingga membuat suasana menjadi tidak nyaman karena ada banyak ember di setiap sudut – sudut rumah.

Cara Ampuh Memperbaiki Genteng Metal Bocor

Padahal pemakaian Genteng metal bisa menjadi solusi terampuh. Selain anti pecah, genteng ini juga mempunyai daya tahan tinggi, tidak membebani struktur atap.

Sehingga lebih mudah dalam pemasangan dan bisa dipakai sampai puluhan tahun. Namun, bukan berarti tidak akan bocor, bila dicek secara rutin pada atap rumah Anda.

Jadi, tidak boleh disepelekan ketika atap mulai bocor. Dikarenakan akan sangat menjengkelkan jika tidak segera ditangani.

Berikut ini cara ampuh perbaiki atap rumah yang bocor, yaitu:

  1. Cari Sumber kebocoran

Carilah terlebih dahulu sumber air berasal. Apabila rumah Anda menggunakan plafon naiklah ke atas, agar memastikan bagian mana yang mengalami kerusakan atau berlubang.

  1. Gunakan WaterProofing

Waterproofing berfungsi untuk menambal kebocoran yang terjadi pada atap rumah agar tidak semakin bermasalah lagi. Bagian atap yang bocor bisa saja ditambal dengan water proofing.

Hal ini karena cat mengandung liquid yang anti air sehingga tidak mudah rembes.

  1. Perhatikan Kemiringan Atap

Atap rumah umumnya, didesain miring agar aliran air hujan bisa turun ke bawah secara lancar. Namun, jika atap rumah Anda agak landai dan datar, maka hal tersebut dapat menyebabkan kebocoran atap lantaran air hujan melambat.

Oleh karena itu, perhatikan kemiringan atap yang biasanya berkisar antara 30 – 40 derajat. Carilah genteng yang akan memberikan banyak keuntungan bagi Anda dan orang lain.

Itu saja beberapa cara memperbaiki kebocoran pada Genteng metal. Selain harus rutin mengecek atap setiap 1 – 2 bulan sekali, pemilihan jenis genteng juga bisa menjadi solusi yang harus dipikirkan secara matang.

Leave a Comment

Your email address will not be published.