kompor induksi listrik

4 Alasan Utama Untuk Menggunakan Kompor Induksi Listrik

Kompor induksi listrik atau kompor listrik tentu bukan hal yang baru lagi untuk saat ini. Perangkat satu ini memang sudah semakin populer seperti juga motor dan mobil listrik. Akan tetapi, pasti masih ada yang ragu untuk kemudian mulai menggunakan jenis kompor ini. Simak alasan – alasan berikut agar tidak ragu lagi.

Dasar Fungsionalitas Kompor Listrik

Salah satu hal penting yang harus diketahui juga adalah cara kerja kompor listrik itu sendiri. Pada intinya, listrik digunakan untuk menghasilkan tenaga elektromagnetik yang akan menghasilkan panas. Hawa panas tersebut kemudian akan berpindah ke peralatan masak ketika diletakkan di atas kompor listrik. Namun, ketika benda yang tidak menghantarkan panas diletakkan di atasnya maka panasnya tidak akan berpindah.

Mengapa Harus Menggunakan Kompor Listrik?

Secara spesifik dalam konteks perbandingan penggunaan kompor gas dan listrik memang terdapat hal – hal yang lebih mengunggulkan kompor listrik. Meskipun tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang yang enggan menggunakannya karena listriknya sendiri masih diproduksi dengan bahan bakar tidak terbarukan. Silakan gunakan pertimbangan pribadi untuk memutuskan dalam hal ini ya.

Kecepatan memasak menjadi salah satu alasan utama untuk menggunakan kompor induksi listrik. Hal ini dikarenakan panas dari kompor induksi akan berpindah dan tersebar di peralatan memasak yang digunakan. Dengan demikian panasnya sudah pasti merata sehingga prosesnya menjadi lebih cepat. Hal ini berbeda dari kompor gas dengan api sebagai media untuk memunculkan panasnya.

Selain itu, kompor ini juga menawarkan efisiensi dalam hal penggunaan energi listriknya. Dalam produk kompor listrik induksi yang terkemuka ternyata dapat menghemat antara 50% – 70% dibandingkan dengan kompor gas untuk memasak. Hal ini tentu sangat bermanfaat dalam hal perekonomian rumah tangga. Apalagi ketika memang dalam rumah tangga tersebut setiap hari pasti memasak untuk keperluan makan sehari – hari.

Keamanan dan kenyamanan dalam memasak juga menjadi alasan pokok untuk mengganti kompor gas menjadi kompor listrik. Tidak adanya api selama proses memasak tentu meminimalisir bahaya yang dapat muncul karena api. Selain itu juga tidak aka nada lagi aroma gas dari tabung gas yang seringkali membuat seisi dapur bahkan rumah menjadi tidak nyaman. Tidak perlu juga repot dalam mengganti gas yang kadang tidak bisa langsung pas ketika dipasang.

Terakhir, kompor jenis ini biasanya memiliki tampilan yang minimalis dan modern. Hal tersebut tentu juga akan memberikan manfaat dalam hal dekorasi dan tatanan dapur atau ruangan memasak secara keseluruhan. Maka dari itu kompor ini merupakan pilihan tepat bagi yang memiliki desain interior minimalis serta modern di rumahnya. Hal – hal tersebut rasanya sudah cukup sebagai alasan untuk tidak ragu lagi dalam menggunakan kompor induksi listrik.

Leave a Comment

Your email address will not be published.