Ilustrasi hamil

Uji Masa Subur untuk Meningkatkan Kehamilan

Saat melakukan hubungan intim Bersama pasangan, seorang Wanita pastinya wajib untuk mengetahui uji masa subur mereka menggunakan alat uji masa subur agar nantinya peluang kehamilan bisa menjadi lebih besar. Di mana saat ini ada cukup banyak bagaimana cara untuk mengetahui masa subur Wanita.

Kapan Waktu Masa Subur Seorang Wanita?

Untuk mengetahui kapankah masa subur seorang Wanita, maka Anda wajib paham kapan masa haid ini dimulai. Haid atau menstruasi ini dimulai di hari pertama pada saat dinding Rahim luruh serta keluar Bersama darah-darah dari vagina. Pada masa menstruasi sendiri, sel telur nantinya akan berkembang di dalam ovarium. Pada saat sel telur sudah matang, maka ovarium akan melepaskan sel telur dan proses ini dinamakan dengan ovulasi.

Di masa proses ovulasi ini adalah waktu yang sangat tepat untuk melakukan hubungan intim Bersama pasangan karena mampu menjanjikan dan mampu menghasilkan potensi akan kehamilan yang cukup tinggi. Biasanya, Wanita memiliki masa subur antara hari ke 10 sampai dengan hari ke 17 setelah hari pertama proses menstruasi telah berakhir. Akan tetapi, hal ini hanya berlaku untuk beberapa Wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur selama 28 hari.

Inilah Cara Mengecek Masa Subur Seorang Wanita

Sedangkan untuk beberapa cara uji masa subur seorang Wanita bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa cara ini:

  • Sel telur hanya bisa bertahan selama 24 jam pada saat sudah dikeluarkan. Sehingga apabila Anda ingin hamil, maka sel telur harus segera dibuahi dalam kurun waktu 12 sampai dengan 24 jam setelah ovulasi. Cara hitungnya semisal siklus terpendek Anda 27 hari, maka kurangi angka 27 ini dengan 18 maka hasilnya adalah 9 hari. Di mana 9 hari ini adalah hari pertama masa subur Anda.
  • Sedangkan untuk siklus terlama 30 hari, maka kurangi dengan 11 maka hasilnya adalah 19 hari. Sehingga, ini adalah hari terakhir dari masa subur Anda.
  • Jika siklus menstruasi rata-rata selama 35 hari, maka ovulasi bisa terjadi sekitar hari ke 21 dan hari paling subur adalah hari ke 19, 20 dan juga 21.
  • Jika siklus menstruasi rata-rata selama 28 hari, maka ovulasi bisa terjadi sekitar hari ke 14 dan beberapa hari paling subur adalah hari ke 12, 13 dan juga 14.
  • Jika siklus menstruasi yang terjadi lebih pendek selama 21 hari, maka ovulasinya bisa terjadi pada hari ke 7 dan paling subur adalah hari ke 5, 6 maupun 7.

Itulah beberapa cara untuk uji masa subur seorang Wanita khususnya dari hari terakhir kapan Wanita tersebut menstruasi. Anda bisa memperhitungkan dengan menuliskan di kalender bahkan di sejumlah aplikasi yang bisa membantu Anda untuk mengetahui kapan waktu subur Anda. Cara di atas adalah cara yang akan membantu para pasangan untuk bisa mendapatkan kehamilan dengan cepat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.