Ilustrasi penandatanganan surat pinjaman cepat dan mudah di bank

4 Tips Mendapatkan Pinjaman Cepat dan Mudah di Bank

Butuh pinjaman cepat dan mudah? Ajukan saja lewat bank! Ya, bank adalah lembaga keuangan yang menyediakan banyak layanan, salah satunya adalah pengajuan pinjaman tunai. Umumnya, meminjam uang di bank diwajibkan meninggalkan jaminan atau agunan. Namun, kini juga tersedia KTA atau kredit tanpa agunan lho! Informasi tentang pengajuan utang di bank bisa Anda simak sebagai berikut.

Tips Mengajukan Pinjaman Cepat dan Mudah di Bank

Perlu Anda tahu, ada banyak sumber yang bisa jadi rujukan dalam mendapatkan pinjaman uang seperti koperasi, pinjol, dan tempat gadai. Walaupun berbagai tempat tadi memberikan syarat yang lebih mudah dalam pengajuan pinjamannya, bank masih menjadi pilihan banyak orang dalam mengajukan utang. Selama ini, pengajuan pinjaman di bank terkesan sulit dan membutuhkan proses yang lama. Namun, jika tahu cara yang benar, Anda bisa lho mendapatkan pinjaman uang dengan mudah dan cepat. Jika ingin tahu caranya, yuk simak berbagai tips ini.

  • Memiliki Riwayat Kredit yang Baik

Agar pengajuan Anda cepat disetujui, pastikan untuk tidak memiliki riwayat kredit yang buruk pada pinjaman-pinjaman sebelumnya. Dalam proses persetujuan pemberian dana pinjaman, pihak bank biasanya akan melihat skor kredit yang Anda miliki. Apabila skor kredit yang dimiliki baik, maka pihak bank tidak akan ragu untuk mencairkan sejumlah uang kepada Anda. Namun, jika skor kredit yang didapat buruk, maka Anda tidak akan bisa mendapatkan pinjaman.

  • Mengumpulkan Berbagai Persyaratan secara Lengkap

Proses pengajuan pinjaman di bank umumnya memerlukan beberapa syarat yang wajib dipenuhi. Apabila berbagai syarat administrasi tersebut bisa diserahkan secara lengkap, maka pencairan pun juga bisa dilakukan dengan cepat. Berikut ini adalah syarat-syarat yang harus Anda bawa saat pengajuan utang di bank.

  1. Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Copy Kartu Keluarga (KK)
  3. Salinan NPWP
  4. Salinan buku tabungan
  5. Sertifikat atau BPKB untuk jaminan dalam pengajuan utang dengan agunan.
  • Mengajukan Pinjaman secara Wajar

Walaupun Anda bisa mengajukan nominal pinjaman berapapun, tapi pihak bank tidak akan langsung menyetujui permintaan Anda tersebut. Pihak bank pastinya akan memperhitungkan penghasilan yang dimiliki sebagai pertimbangannya. Oleh sebab itu, sebaiknya ajukan pinjaman yang wajar dan sesuai dengan kapasitas Anda.

  • Pertimbangkan Tenor Pinjaman

Tenor atau jangka waktu dalam membayar utang bank juga jadi pertimbangan penting dalam pengajuan pinjaman. Semakin lama masa tenor yang diambil, maka cicilan akan semakin kecil. Hal ini akan berpengaruh pada beban bunga yang harus dibayarkan. 

Terapkan berbagai tips di atas untuk mendapatkan pinjaman cepat dan mudah di bank. Semoga berbagai informasi di atas cukup menambah wawasan bagi Anda yang berencana mengajukan pinjaman di bank.

Leave a Comment

Your email address will not be published.