kredit mobil bekas

Jangan Remehkan Manfaat Simulasi Kredit Mobil Bekas!

Banyak orang merekomendasikan Anda melakukan simulasi dulu sebelum mengajukan kredit mobil bekas. Mengapa demikian? Menggunakan simulasi akan bantu Anda memprediksi beban kedepannya. Tergantung pendapatan seseorang, mereka bisa merasa keberatan melakukan cicilan kredit. Untuk hindari beban ini, penghitungan dengan simulasi harus dilakukan.

Penggunaan Simulasi Untuk Kredit Mobil Bekas

Dalam memakai simulasi kredit mobil bekas, Anda akan coba mengukur berapa cicilan yang akan dibayarkan menggunakan ukuran jatuh tempo. Tiap kredit pasti menyediakan pilihan berapa kali cicilan akan dilakukan.

Cicilan mobil bekas 80 juta Rupiah akan berbeda – beda besaran cicilannya tergantung jangka waktu. Misal Anda pilih opsi 6 kali cicilan lunas. Jadi Anda akan bayar sekitar 13 juta Rupiah plus bunga yang ditanggung.

Jika merasa berat cicilan sebanyak itu, pilihan opsi 24 kali cicilan mungkin lebih cocok. Jika dicicil 24 kali, besarannya akan jadi sekitar 3 jutaan saja plus bunga. Mencicil 3 juta pasti lebih ringan bagi yang berpendapatan menengah daripada 13 juta per bulan. Karena itu, Anda bisa sesuaikan besaran ini dengan kemampuan Anda  bayar. 

Dari segi total bayar, umumnya harga jadi lebih besar jika jatuh tempo semakin lama. Namun di sisi lain, simulasi akan memperlihatkan besaran bunga dan besaran cicilan juga. Jadi Anda tetap dapat menimbang apakah worth it ambil cicilan jangka waktu lama atau tidak dari simulasi ini.

Pertimbangan yang Harus Diperhatikan Saat Pakai Simulasi Kredit

Untuk memastikan Anda lancar cicilan kredit mobil, coba pertimbangkan faktor – faktor berikut ini saat melakukan simulasi:

Kondisi Darurat

Anda harus selalu bersiap – siap dalam kondisi terburuk. Bayangkan Anda tiba – tiba dipecat. Jika tidak ada pemasukan, bagaimana Anda akan bayar cicilan? Coba simulasi situasi terburuk Anda dan pastikan menyesuaikan jangka waktu kredit sesuai dengan pertimbangan ini.

Tabungan yang Tersedia

Dalam simulasi, pertimbangkan juga situasi di mana Anda harus mengorbankan tabungan. Berapa tabungan Anda sekarang? Apakah besarannya bisa cukup untuk menutup kredit? Jika tidak bisa, berapa lama tabungan ini bisa digunakan untuk cicilan? Enam bulan? Tiga bulan? Menjawab pertanyaan ini, Anda akan lebih siap memastikan pembayaran lancar walaupun ada halangan di income Anda.

Biaya Tagihan Bulanan Lain yang Bisa Dikurangi

Coba bayangkan kondisi cicilan tidak bisa dibayar lancar, pada kondisi ini, adakah tagihan bulanan yang bisa Anda potong untuk memastikan cicilan kredit terbayar? Contoh saja memotong biaya tagihan langganan Netflix atau memastikan hemat air listrik agar cicilan tetap terbayar. Pertimbangan ini penting agar kredit tetap lancar.

Buat Cicilan Kredit Mobil Bekas Anda Lancar dengan Alat Simulasi Ini!

Bagaimana menurut Anda soal penggunaan simulasi kredit mobil bekas sekarang? Berguna bukan? Sebelum mengajukan kredit, pastikan pakai simulasi dulu untuk mengetahui resiko – resiko Anda. Pastikan Anda lancar melakukan cicilan setelah tentukan besaran cicilan dengan jangka waktu yang paling cocok!

Leave a Comment

Your email address will not be published.