Ilustrasi uang deposito

Mengenal Tentang Deposito dan 3 Jenisnya

Salah satu cara alternatif saat ingin menyimpan uang dengan aman serta ideal tapi bisa dengan sambil mencari keuntungan adalah dengan deposito.

Suku bunga deposito ini mempunyai jangka waktu saat penyimpanannya, jadi anda tidak bisa sembarangan mengambil uang kapan saja seperti tabungan. Serta juga akan lebih stabil dari produk investasi yang lain dan membuat deposito menjadi pilihan yang tepat.

Biasanya, instrumen investasi inu sering menjadi favorit ibu rumah tangga ataupun investor dengan tipe konvensional.

Lantas, apa sih yang dimaksud dengan deposito ini serta apa saja jenisnya? Dibawah ini ada beberapa penjelasan supaya anda dapat mempunyai investasi yang tepat sesuai kemampuan dan kebutuhan!

Apa Maksud Deposito?

Deposito sendiri adalah sebuah produk simpanan pada bank yang penarikan dan penyetorannya cuma dapat dilakukan saat waktu tertentu saja. Jika dananya diambil sebelum waktu yang sudah ditentukan, maka nasabah tersebut akan diberi denda maupun penalti yang jumlahnya juga akan ditentukan dari bank tersebut.

Biasanya jangka waktu yang akan ditawarkan kepada anda adalah sekitar 1, 3, 6, 12, sampai dengan 24 bulan. Semakin lama anda akan menyimpan dananya, maka suku bunga deposito yang nanti ditawarkan pun juga akan makin tinggi.

Selain itu, anda juga tidak perlu untuk khawatir mengenai kemananannya. Hal ini karena produk investasi satu ini sudah terjamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS, sehingga akan lebih aman.

Jenis-jenis dari Deposito

Setelah memahami tentang pengertian dari deposito, maka selanjutnya anda perlu untuk mengetahui tentang jenis dari produk investasi ini yang sudah tersedia di pasaran.

Seperti yang sudah dijelaskan, produk investasi satu ini mempunyai jangka waktu tertentu, jadi anda tidak bisa menarik uang sebelum sudah jatuh tempo. 

Walaupun begitu, jika anda memang ingin memperpanjang masa deposit, maka perpanjangannya juga bisa akan dilakukan dengan otomatis menggunakan ARO atau Automatic Roll Over.

  1. Jenis Sertifikat Deposito

Sertifikat deposito ini adalah sertifikat yang tidak hanya mengacu pada nama seseorang maupun lembaga tertentu. Hal ini pun membuat sertifikat instrumen investasi jenis ini bisa dengan mudah dipindahtangankan juga diperjualbelikan.

  1. Jenis Deposito On Call

Deposito on call ini adalah jenis tabungan berjangka dengan waktu penyimpanannya yang cukup singkat, yaitu minimal sekitar 7 hari serta maksimal 1 bulan. Jenis deposito yang satu ini cuma angan dikhususkan dalam penyimpanan dana ber jumlah yang cukup besar.

  1. Jenis Deposito Berjangka

Deposito berjangka ini dikatakan sebagai salah satu jenis produk deposito yang paling dikenal dalam masyarakat dan memiliki peminat yang tertinggi. Penarikan deposito yang berjangka ini cuma bisa dilakukan dalam waktu tertentu sesuai pada kesepakatan serta pilihan di awal. 

Produk satu ini bisa diterbitkan dengan nama lembaga maupun perorangan. Nantinya, para pihak bank akan memberikan suku bunga deposito yang akan ditransfer lewat rekening yang sudah terdaftar.

Leave a Comment

Your email address will not be published.