anak kecil yang sedang belajar

Tips Mengajar Matematika Agar Lebih Mudah Dipahami

Mata pelajaran matematika menjadi salah satu mapel yang membuat banyak siswa merasa ketakutan dan menyerah terlebih dahulu sebelum mengerjakan. Dalam berbagai penelitian terkait pelajaran yang dianggap susah dan tidak digemari oleh banyak siswa – Matematika menduduki peringkat 5 besar untuk kategori tersebut. Hal tersebut membuat tantangan tersendiri bagi pengajar di sekolah ataupun bimbingan belajar. Tak heran jika banyak orangtua yang memilih bimbel matematika SD.

Tak heran jika para guru  dan pendidik harus memahami metode pembelajaran matematika yang efektif dan menyenangkan agar pelajaran tersebut bisa diserap dengan mudah. Berikut ini ada beberapa tips untuk mengajar pelajaran matematika agar siswa lebih cepat mengerti.

Ajarkan konsep dengan tepat

Memahami konsep yang akan diajarkan bisa menjadi kunci sukses untuk pendidik agar membuat para siswa bisa memahami materi dengan baik. Jika siswa memahami konsep dengan benar, maka belajar matematika bisa menjadi lebih mudah. Ketika mengajarkan pelajaran matematika di level dasar, akan lebih baik jika dimulai dari yang konkret terlebih dahulu sebelum masuk ke bagian lebih abstrak.

Ajarkan secara kontekstual

Cara mengajar matematika supaya siswa lebih mudah mengerti adalah dengan cara mengajarkan konsep secara kontekstual. Anda bisa gunakan berbagai media atau peraga pembelajaran yang dekat dengan siswa. Misal, anda bisa ajarkan persegi panjang dengan media yang ada di sekitarnya seperti jendela, papan tulis, dll.

Aplikasikan metode yang menyenangkan

Metode mengajar mapel matematika yang menyenangkan menjadi salah satu cara agar pelajaran matematika lebih mudah dipahami. Begitu pula untuk para pengajar di bimbel matematika SD. Tenaga pendidik harus selalu perhatikan teknik, model, dan metode yang cocok dengan materi yang akan diajarkan. Jangan sampai jika metode dan model yang digunakan tidak cocok dengan materi pembelajaran matematika yang ingin diajarkan. Hal tersebut membuat tujuan pembelajaran matematika menjadi tidak tercapai. Anda bisa tunjukkan metode belajar selain drilling dan latihan soal, anda bisa ajarkan pembelajaran matematika dengan games atau permainan menarik.

Cari tahu pemahaman siswa terkait materi yang diajarkan

Cara mudah dalam belajar matematika adalah dengan mengerti dasar atau pengetahuan matematika. Belajar matematika tidak bisa dilakukan sekaligus. Materi yang diajarkan harus dilakukan secara bertahap mulai dari level paling dasar terlebih dahulu. Banyak siswa yang merasa putus asa saat belajar matematika adalah gagal memahami konsep dasarnya sehingga menghadapi kendala saat memahami materi matematika pada level selanjutnya. Anda bisa menggali informasi terkait pemahaman siswa terkait materi yang nantinya akan anda ajarkan.

Agar mengajar bimbel matematika SD lebih mudah, maka anda bisa bantu tanamkan mindset jika belajar matematika itu menyenangkan. Menanamkan mindset tersebut  membantu mereka saat belajar matematika. Jika siswa sudah merasa jika matematika itu menyenangkan, maka mereka akan merasa lebih termotivasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.