Plat besi

Ketahui Kelebihan Plat Strip Besi dan Kandungannya Sebelum Membelinya pada Toko Jual Strip Besi

Ingin membeli plat besi pada tempat jual plat strip besi? Sudahkah Anda tahu apa saja kelebihan dari plat strip besi tersebut? Jika belum tahu, maka Anda harus mencari tahunya terlebih dahulu, karena setiap plat besi mengandung bahan berbeda dan kelebihan yang berbeda pula.

Kandungan Plat Strip Besi

Perlu Anda ketahui bahwa plat strip besi terbuat dari baja karbon rendah. Baja karbon rendah merupakan baja yang memiliki kandungan utama besi dan karbon. Kandungan karbon rendah ini memiliki beberapa karakteristik tertentu yang dapat menunjang proses konstruksi bangunan. Berikut ini karakteristik dari baja karbon rendah.

  1. Memiliki sifat yang tangguh dengan berbagai ukuran tebal plat strip besi
  2. Dikuatkan menggunakan metode cold working
  3. Tidak memberikan respon pada panas
  4. Memiliki tekstur yang lebih lunak, sehingga dalam proses pembuatannya mudah dibentuk
  5. Mempunyai struktur mikro yang terdiri atas ferit dan perlit.

Kelebihan Plat Strip Besi

  1. Tahan korosi

Meskipun plat besi jenis ini memiliki komposisi utama besi, namun campuran karbon membuat plat ini tahan terhadap korosi. Oleh karena itu, plat besi strip banyak dipilih sebagai bahan pembuatan pagar atau teralis pada rumah. Selain itu, plat besi ini juga biasa digunakan pada konstruksi kapal karena lebih tahan korosi saat kontak langsung dengan air asin.

  1. Mudah dibentuk

Karena komposisi karbon pada plat strip besi rendah, maka teksturnya juga lebih lunak. Oleh karena itu, plat besi ini lebih mudah dibentuk sesuai dengan ukuran plat strip besi yang diinginkan. Biasanya untuk membentuk plat ini, pekerja menggunakan mesin las yang dapat memudahkan mereka mengikuti desain yang diinginkan.

  1. Proses pengerjaan lebih cepat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa plat besi strip lebih mudah dibentuk, maka segala macam pengerjaan konstruksi atau alat-alat rumah tangga akan lebih cepat. Hal ini juga dapat memberikan keuntungan pada segi waktu dan biaya.

  1. Kuat dan awet

Selain harga jual plat strip besi yang terjangkau, karakter plat besi ini juga lebih kuat dan tahan lama. Pada konstruksi pun jenis plat besi ini banyak dipilih karena tidak mudah aus.

Itulah penjelasan lengkap mengenai kandungan baja karbon rendah dan kelebihan dari plat strip besi. Dengan mengenal plat besi strip lebih dalam, tentu dapat membuat Anda lebih yakin saat akan membelinya di tempat jual plat strip besi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.