mengetahui cara dan waktu yang tepat untuk tes kesuburan

Kapan waktu Yang Tepat Melakukan Tes Kesuburan?

Dengan menggunakan produk tes kesuburan yang akurat sekarang sudah banyak ditawarkan di apotek, baik secara online maupun offline, sehingga memudahkan Anda  mengetahui masa subur secara praktis, di mana kebutuhan akan kesehatan tentunya tidak boleh dilewatkan begitu saja, apalagi bagi pasangan yang sudah menikah dan merencanakan kehamilan alat tersebut sangat diperlukan. 

Mengetahui Waktu Tepat Tes Kesuburan 

Melakukan tes kesuburan merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengetahui kesuburan Anda, terutama wanita dewasa sebaiknya di pagi hari setelah bangun tidur pada buang air kecil pertama, tapi  pada tes kesuburan wanita sendiri prakteknya berbeda karena tes kesuburan tidak harus di setiap pagi hari, melainkan pada periode waktu yang digunakan. 

Untuk tes tersebut harus dilakukan pada jam yang sama di setiap harinya untuk mengetahui masa subur Anda. Maka, lebih disarankan untuk melakukan tes di antara jam 11 siang hingga jam 3 sore. Namun, jika Anda cek ke dokter, biasanya memiliki saran waktu tes yang berbeda.

Cara Tes Kesuburan

Ada beberapa cara untuk melakukan tes kesuburan yang bisa dilakukan oleh wanita dan pria, salah satu adalah mencari produk tes kesuburan yang akurat, di mana bisa Anda dapatkan secara online maupun offline, tapi di sini ada beberapa hal yang akan dibahas mengenai tes kesuburan untuk wanita adalah sebagai berikut : 

  1. Pemeriksaan ginekologi dasar.
  2. Tes penyakit menular seksual.
  3. Tes darah yang digunakan untuk memeriksa sindrom trombofilia dan antifosfolipid.
  4. Ultrasonografi yang digunakan untuk mencari ovarium polikistik, kista ovarium, fibroid, dan memastikan terjadinya ovulasi
  5. HSG atau hysterosalpingogram digunakan untuk memeriksa bagian saluran tuba terbuka dan tidak tersumbat, serta untuk mengevaluasi bentuk rahim.
  6. Histeroskopi, di mana menggunakan kamera seperti teleskop melalui leher rahim ke dalam rahim untuk melihat lebih dekat ke bagian dalam rahim. Hal Ini dilakukan jika pemeriksaan HSG menunjukkan potensi kelainan atau tidak dapat disimpulkan.
  7. Sonohisterogram menggunakan cairan steril di dalam rahim dengan kateter dan  mengevaluasi rahim, serta dinding rahim melalui USG.
  8. Laparoskopi diagnostik merupakan tes kesuburan yang hanya dilakukan jika gejala menunjukkan kemungkinan endometriosis yang bagian dari pengobatan tuba falopi tersumbat, atau adanya beberapa kasus infertilitas yang tidak bisa dijelaskan.

Untuk tes kesuburan sendiri memiliki harga yang berbeda-beda, bisa dari harga yang 300 sampai 400 ribu, bahkan bisa mencapai hingga 1 juta keatas. Jadi bisa dikatakan penggunaan produk tes kesuburan bisa Anda temukan di apotek maupun toko online yang menyediakan berbagai alat kesehatan dengan harga terjangkau, tapi Anda juga bisa melakukan tes kesuburan di rumah sakit dengan biaya tidak sedikit.

Leave a Comment

Your email address will not be published.