ilustrasi besi seamless

Mengenal Tentang Besi Seamless dan Keunggulan serta Jenisnya

Pipa besi sendiri adalah sebuah penopang aliran berbagai macam fluida dalam dunia industri jadi jenis pipa ini sudah tidak asing lagi. Pipa besi sendiri mempunyai beberapa metode pembuatan yang salah satunya ialah dengan seamless. Pipa besi seamless sendiri adalah sebuah pipa yang tidak mempunyai sambungan. Metode pembuatan dari pipa besi seamless ini dimulai dari sebuah baja silinder padat yang biasa disebut dengan billet.

Ketika masih panas, billet tersebut ditusuk pada bagian tengah menggunakan alat yang biasa disebut dengan mandrel. Lalu, billet digulung dan diregangkan sampai bisa dibuat adanya rongga. Billet sendiri digulung dan diregangkan sampai panjang, diameter, serta ketebalan dindingnya telah sesuai dengan kebutuhan. Selain telah mengetahui proses pembuatannya, Anda pun perlu mengetahui apa saja keunggulan yang dimiliki dari pipa seamless dalam sistem pemipaan serta jenis-jenis dari pipa tersebut. Berikut ulasannya,

Keunggulan dari Pipa Besi Seamless

Beberapa keunggulannya yaitu,

  1. Lebih Tahan akan Tekanan

Tanpa adanya sambungan yang dilas, maka pipa besi seamless ini tidak dapat memberikan peluang dalam bagian sambungan las yang lemah. Dengan begitu, pipa seamless bisa menahan tekanan sekitar 20% lebih besar dibandingkan dengan jenis pipa yang mempunyai sambungan dengan tingkat serta ukuran material yang sama.

2. Tidak Memerlukan Testing Las

Pipa besi seamless tentunya juga tidak memerlukan las. Dengan begitu, jenis pipa satu ini juga tidak akan membutuhkan tes ketahanan las jadi bisa tetap mulus sejak selesai diproduksi sampai ketika sedang dipakai.

3. Lebih Tahan dengan Korosi

Dikarenakan tidak terdapat bekas las dalam pipa besi seamless, maka jenis pipa satu ini dapat mempunyai ketahanan yang lebih tinggi terhadap korosi. Bahkan, peluang terdapat kecacatan pada pipa seamless juga akan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan jenis pipa dengan sambungan.

Jenis-Jenis Pipa Besi Seamless

Untuk jenisnya, Berdasarkan dari bahan pembuatan, pipa besi seamless sendiri mempunyai cukup banyak jenisnya. Masing-masing dari bahan ini juga yang telah membuat pemakaian pipa ini menjadi berbeda satu sama lain.

Salah satu jenis pipa baja seamless yang biasanya cukup sering digunakan adalah pipa yang terbuat dari bahan stainless steel. Proses produksi jenis ini melalui berbagai tahapan, mulai tahap awal yang direndam pada cairan dingin lalu dipanaskan, material tersebut ditekuk lalu diluruskan kembali, dan sebagainya sebelum setelahnya akan diuji tingkat ketahanannya agar bisa mencapai standar. Pipa stainless steel seamless ini biasanya akan digunakan pada keperluan industri farmasi, industri kimia, industri minyak dan gas, dan yang lainnya.

Selain itu, pipa besi seamless juga sering dipakai menjadi salah satu struktur bahan baru, diantaranya adalah carbon steel, galvanis, Paralon atau PVC, carbon moly, chrom moly, sampai ferro nikel. Namun pada kasus-kasus tertentu dalam kebutuhan yang tidak biasa, bahan-bahan pipa yang akan dipakai ini juga dapat menggunakan alumunium, vibre glass, tembaga, monel atau timah tembaga, besi timah krom, kuningan merah, sampai besi tanpa tempa.

Leave a Comment

Your email address will not be published.