Illustrasi Convection Oven

Apa Itu Gas Convection Oven? Yuk, Cari Tahu di Sini!

Oven salah satu peralatan memasak ataupun memanggang. Oven pun memiliki beragam jenis dan fungsinya seiring perkembangan zaman, salah satunya gas convection oven. Oven convection dikenal lebih efisien dalam penggunaannya. Lalu, apa itu convection oven dan bagaimana cara kerjanya? Yuk, simak penjelasannya. 

Apa Itu Oven Convection?

Oven convection adalah alat panggangan yang menggunakan teknologi kipas internal. Adanya kipas internal ini mampu meratakan panas suhu pemanggangan dan membuat hasil olahan dapat matang secara sempurna. 

Oven gas ini dikombinasikan dengan blower yang memiliki burner api pada bagian dinding belakang oven. Cara kerjanya berbeda dengan oven gas manual dan oven gas deck yang umumnya menggunakan api atas bawah.

convection oven lebih direkomendasikan untuk pastry dan bakery, seperti macaroni, croissant, cookie, dan danish pastry. Sebab, proses pematangannya menggunakan udara panas yang dihembuskan dari kipas internal, sehingga membuat adonan jauh lebih kering dan renyah. 

Selain memberikan panas yang merata, teknologi yang ada di dalam oven ini membuatnya mudah beroperasi pada suhu rendah sehingga jauh lebih efisien dalam konsumsi daya. Kelebihan lainnya membuat waktu memasak makanan jauh lebih cepat. 

Apa Fungsi Kipas Dalam Oven?

Mungkin masih banyak yang bertanya apa fungsi kipas dari gas convection oven. Kipas yang berada di dalam oven berfungsi mencegah panas yang tidak merata atau berada di tempat tertentu saja. Dengan kipas blower ini, oven bisa mendapatkan suhu panas yang merata. 

Selain itu, udara panas yang dihasilkan dapat menekan masuk ke dalam kue yang sedang dimasak atau dipanggang sehingga makanan akan lebih cepat matang dan menghasilkan tekstur yang lebih bagus. Maka dari itu, jenis oven ini sangat cocok digunakan untuk memproduksi kue kering dalam skala besar. 

Cara Kerja Oven Convection Gas

Untuk cara kerja dari mesin oven convection gas umumnya mengandalkan central burner yang berada pada tengah oven kemudian dikombinasikan dengan kipas blower. Nantinya, kipas blower akan mendistribusikan panas ke dalam oven agar panas yang dihasilkan dapat tersalurkan ke dalam seluruh ruangan oven.  

Dengan begitu, adonan pada loyang yang akan dimasak mempunyai suhu maksimal dengan sirkulasi udara yang membuat hasil adonan menjadi lebih renyah. 

Penggunaan suhunya juga bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Kamu bisa mengatur suhu idealnya sesuai jenis adonan yang akan dibuat agar hasilnya mendapatkan kematangan yang tepat dan merata setiap loyang di dalamnya. 

Panas dari yang dihasilkan dari ovennya juga stabil karena sudah dilengkapi dengan thermocontrol yang membantu menjaga suhu dalam oven tetap sesuai dengan suhu yang sudah ditentukan sejak awal. Bagaimana, sangat canggih bukan? Tertarik untuk membeli gas convection oven ini?

Leave a Comment

Your email address will not be published.