Ilustrasi Atap Polikarbonat Gelombang

Selain Atap Polikarbonat Inilah Jenis Material Atap Yang Sering Digunakan

Setiap bangunan tentunya memiliki atap sebagai pelindung dari segala cuaca, material atap ternyata memiliki banyak peranan untuk sebuah hunian, tidak hanya sebagai pelindung bagian dalam bangunan atap juga dapat menambah nilai estetika dari sebuah bangunan, tahukah Anda ada beberapa jenis material atap dengan karakteristik masing-masing seperti salah satunya atap polikarbonat gelombang.

Genteng

Jenis atap yang satu ini merupakan jenis atap yang paling sering digunakan sebagian besar masyarakat Indonesia, proses pembuatan dari genteng tanah liat sendiri juga terbilang masih sederhana atau manual, menggunakan bahan baku utama tanah liat yang dicetak kemudian dijemur di bawah terik matahari selanjutnya berakhir di proses pembakaran.

Meskipun masih terbilang manual namun nyatanya atap genteng sampai saat ini masih memiliki cukup banyak peminat, ada beberapa pertimbangan yang membuat atap genteng masih diburu pembeli diantaranya tawaran harganya yang murah; tahan cuaca serta tahan lama, hanya saja atap genteng memiliki kelemahan yaitu mudah berlumut mengingat bahan bakunya berasal dari tanah liat.

Seng

Tentunya Anda sudah sering melihat beberapa bangunan yang menggunakan seng sebagai atapnya bukan? Biasanya seng digunakan sebagai atap untuk bangunan besar yang memiliki konstruksi sederhana dengan tawaran harga yang murah, ada juga yang menggunakan seng untuk atap kanopi sama seperti atap polikarbonat gelombang yang juga sering digunakan sebagai kanopi, bagi Anda yang berencana menggunakan seng untuk atap kanopi pastikan memasangnya dengan kuat, bobot seng yang tipis dan ringan tentu akan membuatnya lebih rentan tertiup angin bahkan mudah penyok.

Genteng Keramik

Selain genteng yang terbuat dari tanah liat jenis material atap lain yang juga tidak kalah populer adalah genteng keramik, tidak sedikit rumah maupun perkantoran yang menggunakan genteng keramik sebagai pelindung bangunan, sebenarnya bahan dasar yang digunakan untuk membuat genteng juga sama dengan genteng tanah liat, hanya saja terdapat tambahan lapisan pada genteng keramik yang disebut glazur.

Lapisan glazur ini berfungsi agar genteng tidak mudah berlumut serta tahan dari pembusukan, lapisan glazur sama seperti lapisan yang ada pada lapisan keramik lantai, sehingga genteng keramik tidak perlu membutuhkan perawatan berlebih karena sudah terlapisi lapisan glazur, pastikan Anda menyiapkan dana yang lebih dari cukup karena harganya lebih tinggi dari atap genteng tanah liat biasa.

Alderon

Apakah Anda pernah mendengar jenis material yang satu ini? Kini jenis material atap alderon juga semakin populer berkat kelebihannya dalam menahan radiasi matahari, bobotnya ringan namun memiliki ketebalan mencapai 10 mm menjadikannya sebagai salah satu atap paling kuat, apalagi alderon mampu meredam suara bising saat hujan turun.

Masih ada beberapa jenis material atap mulai dari atap polikarbonat gelombang hingga sirap yang bisa Anda jadikan alternatif pilihan, pastikan Anda menentukan pilihan atap yang sesuai dengan kebutuhan dan budget tentunya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.