Illustrasi Atap Multiroof Pasir

Cara Sederhana Menghitung Penggunaan Atap Multiroof Pasir

Atap multiroof pasir merupakan inovasi atap saat ini. Pemasangannya yang mudah, anti karat, anti jamur, dan banyak kelebihan lainnya, membuat atap jenis ini banyak digunakan untuk hunian masyarakat. Anda dapat dengan mudah menemui multiroof di toko-toko bangunan dengan macam variasi yang ditawarkan. 

Agar penggunaan genteng multiroof dapat tepat untuk hunain Anda, maka diperlukannya perhitungan. Perhitungannya pun sederhana dan dapat dengan mudah dilakukan. Simak ulasannya di bawah ini.

Cara Menghitung Penggunaan Atap Multiroof Pasir

Sebelum Anda membeli multiroof untuk kebutuhan atap, tentunya Anda terlebih dahulu untuk memperhitungkannya dengan tepat. Cara dalam menghitungnya pun harus disesuaikan dengan luas atap milik rumah Anda. Biasanya rumus yang digunakan untuk menghitung luas atap (menghitung pelana, atap limas, dan perisai) ialah sebagai berikut:

Rumus Kebutuhan luasan atap ialah (panjang x lebar) / cos (z). Rumus z tersebut merupakan sudut kemiringan yang dimiliki atap rumah. 

Contoh Perhitungan Atap Multiroof Pasir

Karina ingin menggunakan atap multiroof yang memiliki ukuran 1 x 0,77m. Jika dilakukan perhitungan, maka luas atap yang dimilikinya tersebut ialah 6 m x 10 m. Sedangkan, pada sudur kemiringan atapnya ialah 30 derajat. Maka jika dilakukan perhitungan luasan atap rumah karina, banyaknya multiroof yang dibutuhkan ialah sebagai berikut:

= (( 6 m x 10 m) / (cos 30)

= (60 m) / (cos 30)

= 60 m / 0.154 = 389 m2

Cara di atas merupakan salah satu cara menghitung penggunaan atap rumah multiroof yang dilakukan secara mudah dan sederhana serta diambil garis besarnya saja. Namun, apabila Anda menginginkan hasil yang lebih akurat serta terpercaya, tentu dapat menggunakan jasa atau tenaga ahli yang berpengalaman dalam menghitung penggunaan atap yang dibutuhkan oleh rumah Anda.

Hal yang penting untuk diketahui, bahwa perhitungan ini sangat penting untuk dilakukan, terlebih apabila Anda ingin menghemat biaya yang dikeluarkan. Dengan begitu, pengeluaran untuk membeli atap multiroof pasir dapat tepat dan tidak kelebihan. Semoga cara di atas dapat membantu Anda untuk menghitung multiroof yang dibutuhkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.