bimbel matematika SD

Bimbel Matematika SD Online: Apa Sajakah Kelebihan dan Kekurangannya?

Untuk bimbel matematika SD, sebaiknya online atau offline? Bimbingan belajar atau bimbel bukanlah hal yang baru di dalam dunia pendidikan Indonesia. Bimbel dianggap suatu alternatif belajar sejak dulu bagi para siswa yang merasa tidak sanggup belajar sendiri di rumah.

Sesuai dengan perkembangan jaman, jenis bimbel juga bertambah. Jika dulu, bimbel hanya dapat diikuti dengan bertemu tutor secara langsung, saat ini ada satu metode baru, yaitu bimbel online. Ya, dengan memanfaatkan teknologi jaringan internet, siswa dapat menghadiri kelas bimbel hanya dengan menggunakan smartphone mereka. Lantas, untuk pelajaran matematika SD, apa sajakah kelebihan dan kekurangan bimbel matematika SD online.

Kelebihan

Kelebihan bimbel online untuk pelajaran matematika SD secara umum tidak berbeda dengan mata pelajaran lainnya. Anak Anda tidak perlu jauh-jauh hadir di kelas, cukup di rumah saja. Tentu, untuk situasi-situasi tertentu seperti pada saat pandemi, hal ini terasa jauh lebih menguntungkan karena mengurangi resiko penularan.

Jika anak Anda lebih menyukai les di kelas daripada privat, tenang saja. Di beberapa program, bimbel online tetap bertema klasikal. Tutor tidak hanya mengajar satu murid namun banyak, hanya saja dilakukan secara online. Media yang digunakan bisa berupa aplikasi Zoom.

Menariknya lagi, bimbel online biasanya jauh lebih murah daripada offline. Tentu saja, ini juga bergantung pada paket bimbingan belajar yang dipilih oleh para siswa. Jadi, jika Anda berpendapat bimbel offline konvensional terlalu mahal, Anda bisa mencoba yang satu ini.

Kekurangan

Lalu apakah bimbel online juga memiliki kekurangan? Tentu saja. Ternyata, meskipun didesain semirip mungkin dengan suasana belajar di kelas, beberapa siswa berpendapat cara ini tidak terlalu fleksibel. Interaksi dengan tutor tidak semudah saat bertemu langsung.

Selain itu, kelancaran bimbel online juga sangat tergantung pada kondisi jaringan internet di rumah Anda. Jika lancar, kegiatan belajar mengajar juga pastinya lancar. Namun jika tidak, siswa tentunya lebih kesulitan untuk memahami materi yang diajarkan, terlebih matematika. Namun begitu, bimbel online termasuk bimbel matematika SD tetap suatu terobosan mutakhir serta solusi yang bagus untuk berbagai permasalahan siswa saat belajar.

Leave a Comment

Your email address will not be published.