Ilustrasi membangun bangunan

Tips Mencari Triplek untuk Rumah Impianmu di Distributor Triplek

Salah satu komponen yang dibutuhkan dalam membangun rumah adalah triplek. Meskipun terlihat sederhana, triplek terbuat dari campuran unsur-unsur yang rumit. Oleh karena itu perlu bagi kamu untuk mengetahui bagaimana kualitas triplek yang dijual di distributor triplek.

4 Hal Yang Bisa Kamu Kepo-in Dalam Mencari Triplek

Ketika kamu mencari triplek di distributor triplek, sangat disarankan untuk mengetahui bagaimana triplek yang memiliki kualitas terbaik. Di bawah ini hal-hal yang bisa kamu perhatikan selama mencari triplek:

  1. Grading Triplek

Triplek memiliki kelas dan kualitas yang membedakan tiap kayu lapis, kelas ini disebut sebagai grading. Pilihan bahan baku kayu menjadi penentu grading triplek tersebut. 

Jenis kayu yang umumnya digunakan sebagai bahan baku triplek adalah sengon, falcata, albasia, meranti, jabon, dan lain-lain. Jenis-jenis kayu di atas memiliki berat yang ringan namun dengan daya tahan yang kuat. 

  1. Kelurusan Triplek

Kelurusan triplek menjadi poin penting dalam memilih triplek di distributor triplek. Ada baiknya kamu untuk datang secara langsung ke lokasi untuk memeriksa tingkat kelurusan triplek. 

Karena triplek yang melengkung akan susah dipasang atau dibentuk, selain itu juga merusak tampilan estetika.

  1. Periksa Face dan Back pada triplek

Bagi kamu yang awam dalam dunia pertukangan, face adalah bagian yang ditampilkan ketika dipasang, sedangkan back adalah bagian belakang yang menghadap ke arah bangunan

Bagian depan triplek umumnya halus dan licin, terbuat dari kayu jati, meranti, atau mahoni. Di bagian belakang terbuat dari sengon yang memiliki tekstur agak kasar. 

Jika kamu berniat untuk membeli triplek bekas, pastikan tidak ada noda atau coretan yang ada pada face triplek. 

  1. Semakin rapat lapisan kayu, semakin bagus kualitas kayunya

Triplek terbuat atas susunan kayu yang disebut veneer. Kayu-kayu tersebut direkatkan dengan lem sehingga membentuk lapisan yang bisa menopang beban kurang lebih 30 kali lebih berat dari berat triplek tersebut. 

Saat mencari triplek pastikan lapisan-lapisan ini masih dalam keadaan rapat, tidak memiliki rongga. Triplek yang berongga akan beresiko mudah ambruk saat dipakai untuk menopang beban. 

Variasi Harga Triplek yang Dijual di Distributor Triplek

Banyaknya distributor triplek yang berada di kota membuat terjadi persaingan harga. Namun perlu diingat bahwa harga triplek cenderung menentukan kualitas triplek yang kamu cari. Semakin mahal harga triplek maka kualitas bahan baku triplek yang digunakan cenderung lebih bagus.

Triplek yang memiliki spesifikasi high-end adalah triplek yang berjenis hardwood, albasia, dan particle board. Ketiga jenis tersebut hampir digunakan pada segala lini kebutuhan rumah mulai dari perabotan sampai furnitur besar.

Jadi, silahkan mencari distributor triplek yang memiliki harga wajar agar terhindar dari rasa gusar ya teman-teman.

Leave a Comment

Your email address will not be published.